Wednesday, April 6, 2011

Motor Bermesin Diesel Pertama Di Dunia


Ajang Intermot Cologne Motorcycle Show di Jerman membuat banyak kejutan. Temuan-temuan baru akan dunia sepeda motor terjadi di pameran ini.

Satu di antaranya lewat Track T800. Apa yang istimewa dari motor ini? Bila Anda jeli, silahkan longok ke bagian dapur pacunya.

Motor tersebut ternyata dibekali mesin 800 cc turbo diesel! Ya, mungkin Track T800 merupakan sepeda motor pertama dengan tenaga mesin diesel.
Dicomot dari mesin diesel Mercedes yang telah diracik ulang, T800 bisa mengeluarkan daya hingga 40 bhp. Namun torsi yang bisa dikembangkan mencapai 100 Nm. Jauh di atas rata-rata torsi sepeda motor berbahan bakar bensin.

Keinginan menghadirkan sepeda motor bermesin diesel ini muncul setelah adanya penelitian yang membuktikan bahwa teknologi emsin diesel generasi saat ini lebih ramah lingkungan dibandingkan mesin baterai listrik.

"Penelitian di pemerintahan Swiss menyebutkan baterai listrik menggunakan metode karbon berat seperti pembakaran batu bara dan gas. Kondisi ini jelas hanya menurunkan sedikit konsumsi sumber bahan bakar seperti yang terjadi pada mesin bensin. Sementara mesin diesel era sekarang hanya membutuhkan kurang dari 3,9 liter untuk jarak 100 km yang artinya memberikan dampak lingkungan lebih baik," tulis Visordown.

Para peneliti kemudian mengkombinasikan mesin diesel tersebut dengan sistem transmisi CVT. Mau tau berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun motor bermesin diesel ini? Rp228,7 juta.
Sumber:http://adsense-charmins.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes Powered by Blogger | DSW printable coupons