Sunday, April 17, 2011

10 Bahasa Yang banyak Di Gunakan Di Dunia

Bahasa adalah alat komunikasi paling signifikan. Tanpa bahasa manusia tidak bisa saling berkomunikasi. Apa jadinya jika antara manusia satu dengan manusia lain tidak bisa saling mengerti karena tidak bisa saling berkomunikasi mengungkapkan maksud.
Di dunia ini ada banyak sekali bahasa yang digunakan. Masing-masing negara memiliki bahasa resmi di samping bahasa daerah yang masih digunakan di seputaran wilayah masing-masing.

Berikut ini top ten bahasa yang paling banyak digunakan di negara-negara di dunia

10. Bahasa Jerman – digunakan oleh lebih dari 90 juta orang
Guten Tag (Selamat siang).
Bahasa Jerman, selain merupakan bahasa resmi di Jerman sendiri, juga merupakan bahasa resmi yang digunakan di beberapa negara seperti: Austria, Liechtenstein dan Luksemburg. Di samping itu bahasa Jerman merupakan salah satu dari 3 bahasa resmi Belgia (setelah Belanda dan Perancis), salah satu dari 4 bahasa resmi di Swiss (Romansch, Perancis dan Italia). Di Italia ada sebuah provinsi bernama Bolzano-Bozen yang juga menggunakan bahasa resmi Jerman. Kemudian di beberapa provinsi kecil di Polandia, Denmark, Hungaria dan Republik Ceko.


9. Bahasa Jepang – digunakan oleh lebih dari 132 juta orang

Konichiwa (halo). Bahasa Jepang adalah bagian dari keluarga bahasa Japonik (yang juga termasuk bahasa Ryukyuan diucapkan di pulau Okinawa). Selain merupakan bahasa resmi di negaranya, bahasa Jepang juga digunakan di beberapa wilayah di Korea, bahkan di Eropa dan Amerika yang dalam cerita sejarah banyak orang Jepang bermigrasi ke luar negara. Arigato (Terima kasih).

8. Bahasa Rusia – digunakan oleh lebih dari 144 juta orang

Spasiba (terimakasih).
Bahasa Rusia adalah bagian dari keluarga bahasa Slavia Timur, sebuah keluarga besar bahasa yang juga digunakan di negara Belarusia, Ukraina, Kazakhstan dan Rusyn. Bahasa Rusia ditulis dalam abjad Cyrillic


7. Bahasa Portugis – digunakan oleh lebih dari 178 juta orang

Como esta? (apa kabar?), Bom (baik), Nao (tidak).
Bahasa Portugis seperti bahasa-bahasa tetangganya (Italia, Spanyol, Perancis dll) berasal dari bahasa Latin. Merupakan bahasa resmi di Portugal dan Brasil. Kemudian beberapa negara berikut adalah jajahan Portugal yang hingga sekarang masih menggunakannya sebagai bahasa resmi; Angola, Tanjung Verde, Timor Timur, Guinea-Bissau, Mozambik, dan São Tomé dan Príncipe. Di Uruguay dan Argentina, bahasa ini masih merupakan mata pelajaran pokok di sekolah.

6. Bahasa Bengali – digunakan oleh lebih dari 181 juta orang

Nômoshkar (Halo), Apnar nam ki? (Siapakah nama Anda?).
Bahasa Bengali adalah anggota dari keluarga bahasa Indo-Arya, seperti halnya bahasa Hindi, Punjabi dan Urdu. Sebagian besar pengguna bahasa ini tinggal di Bangladesh (bahasa resmi), India bagian barat (wilayah Tripura dan Assam). Seiring dengan banyaknya imigran yang merantau, kini bahasa Bengali digunakan juga di beberapa daerah di Eropa dan Amerika, termasuk Arab Saudi. Bahasa yang memiliki nilai sastra yang tinggi bagi pemeluk agama hindu ini di tulis dengan skrip bahasa Sansekerta dan Hindi.

5. Bahasa Arab – digunakan oleh lebih dari 221 juta orang

Wasalamualaikum. Bahasa Arab adalah anggota dari rumpun bahasa Semit, yang meliputi bahasa Ibrani Neo-Aram seperti Syria dan Neo-Kasdim. Bahasa Arab yang paling sering diidentikkan dengan Timur Tengah dan Afrika Utara, merupakan bahasa resmi di 26 negara. Belum lagi hitungan negara-negara muslim yang menggunakan Qur’an.

4. Bahasa Hindi-Urdu, digunakan oleh lebih dari 242 juta orang

Hindi-Urdu adalah anggota dari keluarga Indo-Arya, bersama Bengali. Ini adalah bahasa plurisentrik dan memiliki dua bentuk resmi; standard Hindi dan standar Urdu, di mana keduanya memiliki bentuk yang amat sangat berbeda. Hindi adalah bahasa resmi India, sementara Urdu adalah bahasa resmi Pakistan. Keduanya digunakan di beberapa wilayah di Eropa dan Amerika Utara yang terdapat banyak populasi India dan Pakistan

3. Bahasa Inggris – digunakan oleh lebih dari 328 Juta orang.

Halo, How are you?
Bahasa Inggris adalah anggota dari keluarga bahasa Jermanik Barat. Ini awalnya bermula dari bahasa Anglo-Saxon (Inggris Kuno) dan banyak dipinjam dari bahasa Latin dan Perancis karena penaklukan Norman dari Inggris. Selain di Inggris, pengguna terbanyak bahasa ini terdapat di wilayah Amerika Serikat (309 juta penduduk). Bahasa Inggris juga merupakan bahasa resmi di 53 negara, termasuk Irlandia, Kanada, Afrika Selatan, Jamaika, dan Selandia Baru. Juga merupakan bahasa resmi negara-negara bekas jajahannya seperti Australia, Singapura (satu dari 3 bahasa resmi), India (bahasa resmi setelah bahasa Hindi), Hongkong (bahasa resmi setelah bahasa Mandarin) dll. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa resmi beberapa organisasi dunia, termasuk PBB, NATO, dan Uni Eropa

2. Bahasa Spanyol – digunakan oleh lebih dari 329 juta orang

Hola, como estas? (halo, apa kabar?)
Bahasa Spanyol juga berasal dari Latin. Sepintas amat mirip dengan bahasa Portugis dan Italia. Merupakan salah satu bahasa yang paling banyak didistribusikan di dunia, dan hingga kini merupakan bahasa resmi di lebih dari 20 negara; di Spanyol sendiri dan di seluruh wilayah Amerika Latin (kecuali Brazil). Oleh PBB bahasa Spanyol digunakan sebagai salah satu dari 6 bahasa resmi yang digunakan oleh para penerjemah.

 
1. Bahasa Mandarin – digunakan oleh lebih dari 845 juta orang
Bahasa Mandarin sering disebut sebagai bahasa Cina. Namun sesungguhnya, bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa resmi Cina, termasuk bahasa Kanton dan Xiang yang semuanya berasal dari keluarga bahasa Sino-Tibet. Memang Mandarin adalah yang terbesar di antara ketiganya dan merupakan bahasa resmi dari Republik Rakyat Cina dan Taiwan. Dengan adanya migrasi bersekala besar ke seluruh dunia, sekarang ini bahasa Mandarin banyak digunakan di Eropa dan Amerika. Di wilayah Cina sendiri, bahasa ini menggunakan huruf Cina Tradisional dalam penulisannya, namun di luar Cina, mereka sudah menuliskannya dalam alfabet internacional.


 

Sumber

1 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes Powered by Blogger | DSW printable coupons