Monday, August 1, 2011

5 Manfaat Puasa Di Bulan Suci Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Puasa memberikan konstribusi positif bagi kesehatan sudah diketahui oleh banyak orang.Manfaat puasa bagi kesehatan telah dirasakan oleh sebagian orang. Melalui konsultasi kesehatan kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang manfaat puasa bagi kesehatan kita.

Beberapa penelitian mencoba menghubungkan efek puasa terhadap beberapa penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup seperti tekanan darah tinggi /hipertensi , kholesterol, penyakit kencing manis / diabetes, dan kegemukan / obesitas. Hasilnya memang puasa memberikan pengaruh yang positif terhadap kesehatan.
Beberapa aspek tersebut antara lain:


1. Memberikan kesempatan istirahat terhadapa saluran pencernaan khususnya lambung.

Di waktu berpuasa, lambung dan sistem pencernaan lainnya akan istirahat selama lebih kurang 12 sampai 14 jam, selama lebih kurang satu bulan. Jangka waktu ini cukup mengurangi beban kerja lambung dari makanan yang bertumpuk dan berlebihan.Sehingga manfaat puasa bisa dirasakan bagi penderita sakit lambung (maag) yang bersifat fungsional karena pengaturan pola makan dan faktor stressor.


2. Puasa juga merupakan kesempatan menurunkan berat badan bagi yang kelebihan.

Caranya tidak makan berlebihan pada waktu buka, sehabis buka dan sewaktu sahur. Menu tersebut diperkirakan cukup dalam 12 jam. Adapun sisa 2 jam diperoleh dari cadangan gula yang disimpan di hati, lemak dan otot.Jadi lemak yang tertimbun di tubuh bisa digerakan untuk dibakar menjadi energi yang bermanfaat.

3. Bagi penderita hipertensi/ tekanan darah tinggi, tekanan darah dapat turun,

jika selama berbuka hingga sahur taat dalam memilih menu makanan dan tidak lupa minum obat anti hipertensi pada waktu sahur. Kesempatan makan makanan yang asin dan berlemak pada siang hari juga tidak ada selama berpuasa.

4. Puasa juga bisa meningkatan daya tahan tubuh tahan ( imun) tubuh.

Pada saat puasa beberapa organ tubuh dapat istirahat sehingga metabolisme tubuh juga berkurang. Metabolisme tubuh itu hasil sampingannya adalah sampah yang harus dibuang. Dengan berkurannya sampah di tubuh, berarti mengurangi radikal bebas yang merugikan. Dan tentunya akan meningkatkan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

5. Berpuasa mencegah penyakit yang disebabkan oleh pola makan.


Beberapa penyakit seperti kelebihan lemak tubuh, tekanan darah tinggi dan penyakit pembuluh darah lainnya. Dengan berpuasa berarti membatasi penderita untuk mengurangi beberapa makanan dan minuman yang merupakan pantangan penyakitnya. Dengan begitu akan lebih mudah mengendalikana penyakit tersebut. Terlebih apabila saat berpuasa biasanya cenderung memilih makanan yang mengandung zat gizi seimbang.

Jadi kesehatan memang mahal harganya.Untuk menjaga kesehatan tubuh, maka ia perlu diberi istirahat. Dengan berpuasa akan membantu menjaga kesehatan tubuh.

Selamat menjalankan ibadah puasa


Link

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes Powered by Blogger | DSW printable coupons